Total: Rp99.000

Visi, Misi dan Nilai Perusahaan

A.    Visi

“Menjadi perusahaan pangan protein hewani terkemuka yang berperan dalam ketahanan pangan dan perekonomian DKI Jakarta”

Visi ini menggambarkan kondisi yang diinginkan dalam mengemban tugas yang diamanatkan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam pengelolaan perusahaan, baik itu di sektor usaha maupun jasa. Dalam hal penugasan visi tersebut juga harus tercerminkan dalam penyediaan pangan bersubsidi, pengamanan harga dan pendistribusiannya kepada golongan masyarakat tertentu, khususnya pangan pokok daging sapi dan ayam. Dharma Jaya selalu berusaha mengedepankan sisi-sisi profesional dan kompetitif dalam bidang usaha pangan, memiliki rasa dan nilai kepekaan atas tanggung jawab bagi kepentingan masyarakat serta patuh dan menjunjung tinggi nilai-nilai etika dalam menjalankan bisnis.

Definisi Visi
1.  Menjadi adalah berubah keadaan atau wujud dan menjelma sebagai sesuatu yang diharapkan.
2.  Perusahaan adalah organisasi berbadan hukum yang melakukan kegiatan dengan tujuan mencari keuntungan dengan mengolah, menghasilkan atau bertransaksi barang atau jasa.
3.  Penyedia adalah orang, badan dan sebagainya yang menyiapkan, mencadangkan atau mengadakan barang dan/atau jasa.
4.  Pangan protein hewani adalah pangan protein yang berasal peternakan, perikanan dan hasil turunan/olahannya antara lain ternak/daging sapi, kerbau, domba, ayam, ikan, telur, susu dan sebagainya.
5.  Terkemuka adalah terpandang atau disegani karena memiliki keunggulan.
6.  Berperan adalah ikut serta mendukung dan berpartisipasi dalam penyelenggaraan kegiatan.
7.  Ketahanan pangan adalah terpenuhinya pangan bagi masyarakat DKI Jakarta baik jumlah, mutu, aman, beragam, bergizi, merata, terjangkau dan tidak bertentangan dengan agama, keyakinan dan budaya masyarakat.
8.  Perekonomian adalah kebijakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam mengalokasikan sumber daya yang dimiliki.


B.    Misi

1. Membantu dan menunjang kebijakan umum Pemerintah Daerah dalam rangka ketahanan pangan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat DKI Jakarta.
2.  Melakukan usaha dan memanfaatkan aset yang terintegrasi dalam produk protein hewani berupa peternakan, perikanan dan hasil turunan/olahannya.
3. Melaksanakan praktik manajemen unggul dengan dukungan sumber daya manusia profesional, teknologi handal dan sistem terintegrasi yang berorientasi yang berorientasi kepada kepuasan pelanggan.
4.  Menerapkan prinsip tata kelola perusahaan baik dan senantiasa melakukan perbaikan berkelanjutan

Sebagai bagian dari perubahan visi Dharma Jaya di tahun 2019 dengan merumuskan visi Dharma Jaya untuk ”menjadi perusahaan pangan protein hewani terkemuka yang berperan dalam ketahanan pangan dan perekonomian DKI Jakarta, tahun 2020 telah dicanangkan program revitalisasi budaya perusahaan sehingga mampu merumuskan lima nilai Dharma Jaya dan sepuluh perilaku utama sebagai bentuk terjemahan nilai budaya perusahaan tersebut.

Secara sadar, tantangan Dharma Jaya yang terbesar dalam upaya pencapaian visi dan misi ini adalah proses berpikir dan bertindak para insan Dharma Jaya untuk mendukung upaya pencapaian visi perusahaan. ldealnya, seluruh insan Dharma Jaya harus memiliki derap langkah yang selaras agar pelaksanaan misi dan pencapaian visi Dharma Jaya dapat terlaksana secara efektif dan eflsien. Jawaban yang dirasakan tepat adalah meletakkan sepenuhnya pada upaya untuk mensosialisasikan budaya perusahaan Dharma Jaya yang akan berfungsi sebagai acuan dan pedoman bagi setiap insan Dharma Jaya untuk berperilaku sebagaimana yang diharapkan.


C.    Nilai Perusahaan


Perusahaan yang unggul dan bertahan dalam jangka waktu lama terbukti merupakan perusahaan yang memiliki budaya perusahaan yang kokoh yang menunjang visi perusahaan. Hal ini disebabkan karena budaya perusahaan merupakan serangkaian prinsip-prinsip utama yang diyakini baik dan benar dalam mencapai tujuan perusahaan. Budaya perusahaan inilah yang menjadi Iandasan bagi seluruh kebijakan dan aturan yang mengarahkan perilaku individu di dalam perusahaan. Mengingat dibutuhkan jangka waktu panjang untuk membangun budaya perusahaan sebagai acuan perilaku, maka harus dipahami sepenuhnya bahwa membangun budaya perusahaan merupakan investasi jangka panjang dan Iandasan bagi keberadaan perusahaan di masa mendatang.

Dalam banyak hal, nilai-nilai yang tercantum sebagai budaya perusahaan adalah pondasi bagi perusahaan atas kesamaan komitmen, cara pikir dan cara bertindak dalam rangka menjalankan misi dan mencapai visi perusahaan. Program revitalisasi budaya Dharma Jaya dilakukan untuk menggali kembali nilai-nilai budaya perusahaan yang dianggap mampu menunjang terlaksananya misi dan tercapainya visi Dharma Jaya. Langkah ini menjadi penting untuk dilakukan mengingat belum semua insan Dharma Jaya yang memiliki kesamaan pemahaman dan perilaku yang selaras dengan budaya perusahaan yang produktif. Dengan demikian, program ini dilakukan untuk memastikan bahwa nilai Dharma Jaya tidak sekedar menjadi slogan semata tetapi muncul dan teraplikasi dalam perilaku setiap insan Dharma Jaya dalam kehidupan sehari-hari.

Secara visual, rangkaian nilai budaya ini dapat dilihat dalam gambar berikut.


Sebagaimana telah diuraikan sebelumnya, nilai budaya perusahaan Dharma Jaya mengacu pada akronim nilai Dharma Jaya, yang diambil dari lima nilai budaya perusahaan Dharma Jaya yaitu Integritas, Kerjasama tim, Profesional, fokus pada Pelanggan, dan Perbaikan berkelanjutan. Kelima nilai budaya perusahaan ini menjadi landasan bagaimana Dharma Jaya mencapai visi, yaitu ‘menjadi perusahaan pangan protein hewani terkemuka yang berperan dalam ketahanan pangan dan perekonomian DKI Jakarta”. Melalui nilai Dharma Jaya ini, diharapkan seluruh insan Dharma Jaya berperilaku sesuai dan selaras dengan nilai budaya perusahaan yang diharapkan dalam rangka menjalankan perusahaan dan usaha.

Masing-masing nilai memiliki makna yang berbeda tetapi saling terkait dan saling mendukung, yaitu
1.    Integritas (integrity) - keteguhan yang tidak dapat tergoyahkan dalam menjunjung nilai-nilai keyakinan dan prinsip
2.    Kerjasama Tim (teamwork) - kemampuan mengarahkan dari setiap individu atau sekelompok individu untuk dapat bekerjasama menuju keberhasilan pencapaian visi, misi dan tujuan perusahaan
3.   Profesional (professional) - memiliki kemampuan yang tinggi dalam melaksanakan tugas dan berpegang teguh kepada nilai moral yang mengarahkan dan mendasari perbuatan
4.    Fokus pada Pelanggan (customer focus) - melayani pelanggan lebih baik dengan mengidentifikasi, memahami dan memuaskan kebutuhan, keinginan dan harapan pelanggan.
5.  Perbaikan berkelanjutan (continuous improvement) - upaya berkelanjutan yang dilakukan untuk mengembangkan dan memperbaiki usaha, produk, layanan maupun proses.

Dikaitkan dengan 10 Perilaku Utama yang berfungsi sebagai bentuk nyata dari 5 Nilai Budaya tersebut, secara keseluruhan hubungan antara visi dan nilai Dharma Jaya dapat dilihat dalam gambar berikut.



10 Perilaku Utama insan Dharma Jaya yang diterjemahkan dari budaya perusahaan adalah sebagai berikut:
1.    Jujur, dapat dipercaya dan taat peraturan
2.    Displin, konsisten dan bertanggungjawab
3.    Mengembangkan sikap kebersamaan, kolaborasi dan sinergi
4.    Melaksanakan komunikasi dan koordinasi yang efektif
5.    Meningkatkan kompetensi
6.    Bekerja cerdas, handal dan memberikan hasil yang terbaik
7.    Memberikan layanan yang unggul kepada pelanggan dengan tetap mengutamakan kepentingan perusahaan
8.    Menjalin kemitraan strategis untuk memberi nilai tambah perusahaan
9.    Tanggap terhadap perubahan dan senantiasa melakukan penyempurnaan
10.    Mengembangkan sikap kreatif dan inovatif

Nilai Integritas, Kerjasama Tim dan Profesionalisme, berada dalam tataran individu dan berorientasi sepenuhnya pada individualisme. Hal ini berarti bahwa pengembangan nilai-nilai ini harus sepenuhnya ditujukan dan dimulai pada aspek individual dari perusahaan. Di sisi lain, nilai Fokus pada Pelanggan dan Perbaikan berkelanjutan berorientasi pada tataran nasabah dan perusahaan, sehingga upaya pengembangan kedua nilai ini lebih ditujukan pada nasabah dan perusahaan secara keseluruhan.


D.    Hubungan Visi, Misi dan Nilai Perusahaan

Perlu diketahui keterkaitan antara nilai budaya dengan visi dan misi perusahaan dimana budaya perusahaan ini akan tumbuh dan berkembang. Setiap perusahaan memerlukan cita-cita Iuhur yang akan mengilhami semua anggota perusahaan untuk bergerak secara selaras dan mengatasi berbagai perubahan untuk merealisasikan cita-cita tersebut. Dalam banyak referensi, malah sering menggunakan analogi horizon di kaki Iangit bagi setiap pelaut dalam mengemudikan kapalnya di tengah lautan, untuk menggambarkan betapa pentingnya cita-cita ini bagi sebuah perusahaan.



E.    Motto

“Pangan sehat untuk hidup lebih baik (healthy food for better life)”

Dengan motto ini, insan Dharma Jaya berfokus pada penyediaan kebutuhan pangan dalam bentuk pangan protein hewani yang aman, sehat, utuh dan halal untuk membantu pemerintah menciptakan ketahanan pangan bagi warga khususnya di Provinsi DKI Jakarta dan membangun pondasi kehidupan yang lebih baik bagi masyarakat.

Motto ini menjadi penyemangat, mengarahkan dan menanamkan pemikiran insan Dharma Jaya untuk melaksanakan seluruh proses dan kegiatan sehari-hari dalam pekerjaan dan menghasilkan produk dan jasa sesuai arah visi, misi dan tujuan perusahaan. Motto dapat membentuk citra diri yang positif yang akan melekat bukan hanya bagi insan Dharma Jaya, namun juga bagi para stakeholder eksternal yang merasakan manfaat dan keberadaan perusahaan di tengah masyarakat.